Iklan

11 Langkah Menulis Novel

Konten [Tampil]

 



www.mikromediateknologi.com - Bekasi - Novel adalah sebuah bentuk prosa fiksi panjang yang biasanya terdiri dari beberapa bab dan memiliki alur cerita yang kompleks. Novel sering dikenal sebagai sebuah obyek seni literasi yang dapat memperkenalkan karakter-karakter yang kompleks dan memberikan pandangan yang mendalam tentang masalah-masalah sosial, emosional, atau filosofis. Novel juga dapat menyampaikan sebuah pesan atau membawa pembaca pada perjalanan imaginatif yang menakjubkan.



11 Langkah Menulis Novel




Beberapa langkah dalam menulis sebuah novel:


  1. Ide: Ide yang dipilih apakah berdasarkan momentum, peristiwa atau juga kejadian. Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk menentukan ide tulisan.

  2. Membuat referensi : walau yang ingin kamu tulis itu novel. Tidak ada salahnya memiliki buku referensi untuk memperkaya tulisanmu.

  3. Pohon Karakter: membuat pohon karakter, mulai dari karakter utama, karakter pendukung dan lawan karakter.

  4. Membuat plot: membuat plot akan membantu kamu memahami jalan cerita yang kamu tentukan dari awal sampai akhir. Menentuka titik-titik konflik dan penyelesaiannya.

  5. Outline: Selanjutnya membuat outline, berdasarkan cerita satu, dua, tiga dan seterusnya hingga cerita terakhir. Buatlah ending yang menarik untuk ceritamu.

  6. Opening-Konflik-Klimaks-Ending : Opening adalah pembuka cerita buatlah penasaran, tidak mudah ditebak. Konflik adalah masalah dalam cerita. Klimaks adalah ketegangan yang menurun, mendekati penyelesaian masalah. Sedangkan ending adalah akhiri cerita dengan mengesankan.

  7. Proses Menulis : pada saat ini dibutuhkan konsistensi dalam menulis novel. Fokus dan jangan berganti-ganti naskah. Selesaikan tulisan novelmu sampai akhir.

  8. Endapkan: Mengendapkan naskah sehari agar dirimu tidak terlalu fokus menyempurnakan isi naskah. Tetapi merecharge energi dahulu, kemudian di hari berikutnya atau 3 hari berikutnya segeralah baca kembali dan revise bagian-bagian yang menurutmu perlu diperbaiki.

  9. Sunting: Melakukan self editing untuk naskah sendiri, selesaikan proses editing. Perbaiki tata bahasa, gaya penulisan, dan ejaan yang salah sesuai dengan EYD yang berlaku.

  10. Saran Pembaca pertama: Berikan novelmu untuk dibaca oleh orang terpercayamu. Mau bentu print atau pdf. Mintalah firts readermu untuk memberikan komentar dan tanggapan. Bisa juga ke mentor menulismu, atau rekan sesama penulis yang dekat denganmu.

  11. Kirim ke penerbit: Setelah kamu mendapatkan feedback dari first reader dan mentormu segera perbaiki. Lalu kirimlah naskahmu ke penerbit. Salah satu penerbit yang menerbitkan novel adalah penerbit Mikro Media Teknologi. Semoga novelmu terbit dan menjadi waarisan karya. Teruslah menulis dan nikmati prosesnya.



Salam Menulis.







Rubrik Sastra Mikro Media


Bagi pembaca, yang ingin karyanya terbit di website mikromediateknologi.com, silakan kirim karyanya berupa artikel, puisi dan cerpen ke sastramikromedia@gmail.com. Untuk pelajar sekolah dasar, SMP, SMA, Mahasiswa, guru dan umum. Semangat berkarya, menorehkan literasi yang baik dan bijak.

Salam Sastra Mikro Media. 



Profil Penulis


Ernawati, guru menulis di SDN Bintara VI Bekasi, penulis dan blogger. Kesehariannya menulis buku dan juga berbagai artikel, baik di majalah, koran dan juga website. Kontak penulis ke: ernawatigaleri@gmail.com




Penerbit Mikro Media Teknologi

IG : https://www.instagram.com/penerbitmikromedia/
FB : https://web.facebook.com/penerbitmikromediateknologi/
youtube :https://www.youtube.com/channel/UC6WaMx1hVCIKrHnvCOuuScw
Tiktok : https://vt.tiktok.com/ZSeAqjHb6/
Web : www.mikromediateknologi.com
WhatsApp : 0813-1083-2071

Telegram : https://t.me/penerbitmikromedia

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

klan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel