Iklan

6 Istilah di Jurnalistik

Konten [Tampil]

 


6 Istilah di Jurnalistik


www.mikromediateknologi.com - Bekasi, dunia jurnalistik menjadi sebuah profesi yang profesional. Tahukah kamu, apa itu jurnalistik dan apa saja istilah yang terkait? Berikut ini beberapa istilah yang perlu kamu ketahui tentang jurnalistik.

Pengertian Jurnalistik


Jurnalistik adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan kewartaan, penyiaran berita, surat kabar dan sebagainya.

Ada beberapa istilah yang terkait Jurnalistik, di antaranya:

1. Wartawan


Wartawan adalah orang yang bekerja mencari dan menyusun sebuah berita di surat kabar, radio, televisi, majalah, website. Wartawan biasanya melakukan wawancara pada narasumber dan meliput berita langsung dari tempat kejadian.

2. Wawancara


Wawancara adalah kegiatan mencari informasi dengan cara tanya jawab yang sistematis dengan narasumber. Tujuan wawancara untuk menambah informasi dan juga bahan tulisan untuk berita atau tulisan terkait.

3. Narasumber

Narasumber adalah orang yang memberikan informasi atau sumber berita yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan pendapatnya. Biasanya narasumber itu ahli dalam bidangnya, tokoh masyarakat, pejabat terkait, atau orang yang dibutuhkan informasinya secara langsung baik dalam sebuah peristiwa atau kegiatan tertentu.

4. Wartawan Foto / juru foto


Wartawan foto biasanya mendapatkan tugas mendokumentasikan peristiwa di lapangan.

5. Konfrensi Pers


Konfrensi Pers yang diadakan oleh seorang tokoh/pejabat/narasumber terkait untuk memberitahukan hal penting/terkait seputar pembahasan yang terjadi, untuk disebarluasakan kepada masyarakat pada media massa.


6. Media Massa


Media massa adalah sebuah sarana dan saluran resmi yang menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat, beritanya bisa dipertanggung jawabkan tidak hoax.


Nah, tertarik menjadi jurnalistik?

Untuk menjadi jurnalistik juga ada sekolahnya, di mana nanti akan mendapatkan materi dan juga sertifikat pelatihan. Bukan sekolah atau kuliah, sekolah wartawan di sini seperti kursus dari lembaga terkait dan berhak melakukan pelatihan dan pemberian gelar. Untuk gelar yang diberikan adalah C.BJ. C.BJ artinya certified Basic Jounalist artinya Bersertifikat Jurnalistik Dasar.


Salam Jurnalis






Rubrik Sastra Mikro Media


Bagi pembaca, yang ingin karyanya terbit di website mikromediateknologi.com, silakan kirim karyanya berupa artikel, puisi dan cerpen ke sastramikromedia@gmail.com. Untuk pelajar sekolah dasar, SMP, SMA, Mahasiswa, guru dan umum. Semangat berkarya, menorehkan literasi yang baik dan bijak.

Salam Sastra Mikro Media.


Profil Penulis


Ernawati, guru menulis di SDN Bintara VI Bekasi, penulis dan blogger. Kesehariannya menulis buku dan juga berbagai artikel, baik di majalah, koran dan juga website. Kontak penulis ke: ernawatigaleri@gmail.com



Penerbit Mikro Media Teknologi

IG : https://www.instagram.com/penerbitmikromedia/
FB : https://web.facebook.com/penerbitmikromediateknologi/
youtube :https://www.youtube.com/channel/UC6WaMx1hVCIKrHnvCOuuScw
Tiktok : https://vt.tiktok.com/ZSeAqjHb6/
Web : www.mikromediateknologi.com
WhatsApp : 0813-1083-2071

Telegram : https://t.me/penerbitmikromedia
 

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

klan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel