Iklan

Asal-Usul Pensil

Konten [Tampil]

 

Asal-Usul Pensil


Oleh : Kallista Nacita M.


www.mikromediateknologi.com - Ada yang tahu alat untuk menulis dan menggambar? Semua aktivitas tulis menulis memerlukan alat. Alat untuk menulis dan menggambar yang terdiri dari batang tipis, berisi pigmen/zat warna.

Pigment atau zat warna tersebut disebut grafit. Ada juga yang terbuat dari arang dan tanah liat yang terbungkus kayu bulat.


Berikut ini macam-macam pensil:



1. Pensil arang


Pensil arang memiliki warna lebih gelap dari pensil grafit. Pensil arang ini lebih mudah dicoretkan atau digoreskan.

2. Pensil cat air


Pensil cat air dibuat dengan cara menggoreskan dan dapat diberi air, bisa juga disapu dengan kuas.

3. Pensil Krayon


Pensil krayon biasanya digunakan anak-anak untuk mewarnai. Namun, tidak semua aman, sebaiknya pilih yang jenis pewarnanya aman untuk anak-anak. Pensil krayon ini campuran antara lilin dengan pigmen lainnya.

4. Pensil grafit


Pensil grafit bisa disebut paling halus dan paling banyak digunakan. Pensil grafit biasanya terbuat dari campuran tanah liat dan grafit. Macam-macam warna pensil grafit seperti abu-abu, hitam. Jika digunakan untuk menulis akan terasa ringan dan halus.


Kalau kamu sering pakai jenis pensil yang mana?




Rubrik Sastra Mikro Media


Bagi pembaca, yang ingin karyanya terbit di website mikromediateknologi.com, silakan kirim karyanya berupa artikel, puisi dan cerpen ke sastramikromedia@gmail.com. Untuk pelajar sekolah dasar, SMP, SMA, Mahasiswa, guru dan umum. Semangat berkarya, menorehkan literasi yang baik dan bijak.

Salam Sastra Mikro Media.



Profil Penulis

Kallista Nacita M. Aku kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri Bintara VI Bekasi. Aku ikut ektrakurikuler menulis. Belajar menulis cerpen, artikel, dan puisi. Aku punya hobi menulis. Aku tinggal di Bekasi, aku lahir tanggal 21 Desember. Selamat membaca tulisanku.




Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

klan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel