Iklan

Asal Usul Pena

Konten [Tampil]


Asal Usul Pena


Oleh : Zhafira Putri Andini

www.mikromediateknologi.com - Aktivitas menulis membutuhkan alat tulis seperti pensil, pena dan juga spidol. Banyaknya alat-alat untuk menulis, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pada pembahasan ini akan dibahas asal usul pena.

Pengertian Pena


Pena adalah alat tulis bertinta yang dirancang dengan tinta khusus untuk kertas.


Macam-Macam Pena


Macam-macam pena adalah sebagai berikut ballpoint, rollerball, felt-tips, dan fountain. Yang sering kita dengar adalah istilah ballpoint atau dikenal dengan nama pulpen.

Pembahasan Pena


1. Ballpoint


Pena ballpoint ini mengeluarkan tinta minyak yang lengket. Jika tumpah ke tangan kita akan seperti tinta cumi, hitam melekat. Tinta ini jika sudah menyentuh kertas akan cepat kering dan harganya relatif murah. Sehingga pena jenis inilah yang banyak digunakan.

2. Rollerball


Pena rollerball, mengeluarkan cairan tinta air atau sejenis gel melalui ujung bulatan (bola), sama seperti ballpoint. Tinta ini juga lebih cepat daya serapnya ke kertas dan lebih mudah untuk menulis.

3. Felt-tip atau spidol


Coba perhatikan spidol di rumahmu? atau di kelasmu? lihat ujung spidol, ada serabut. Spidol digunakan untuk menulis di papan tulis oleh Bapak dan Ibu Guru di kelas. Spidol yang kecil biasanya spidol untuk mewarnai.

4. Fountain


Memerlukan cairan seperti air sebagai tinta yang keluar melalui ujung logam yang tajam. Biasanya yang memakai orang-orang tertentu. Anak-anak masih perlu diawasi menggunakan jenis pena ini.


Dari semua jenis pena di atas, mana yang kamu sukai?


Rubrik Sastra Mikro Media


Bagi pembaca, yang ingin karyanya terbit di website mikromediateknologi.com, silakan kirim karyanya berupa artikel, puisi dan cerpen ke sastramikromedia@gmail.com. Untuk pelajar sekolah dasar, SMP, SMA, Mahasiswa, guru dan umum. Semangat berkarya, menorehkan literasi yang baik dan bijak.

Salam Sastra Mikro Media.



Profil Penulis


Hai, nama saya Zhafira Putri Andini, sekolah di SDN Bintara VI Bekasi. Aku lahir tanggal 6 November. Hobiku adalah belajar. Sekarang usiaku 10 tahun. Aku tinggal di Jln. Bintara 14 Rt 04/09 Gg. Hj. Asmalih. Aku senang menulis dan juga membaca.




Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

klan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel