Iklan

Panduan Pembuatan Pupuk Organik Cair dengan Memanfaatkan Mikroorganisme Lokal

Konten [Tampil]

 


www.mikromediateknologi.com - Pertanian merupakan salah satu sektor lapangan kerja utama penyerap tenaga kerja tertinggi di Indonesia. Berdasarkan data BPS pada tahun 2021, jumlah penduduk yang bekerja di bidang pertanian, kehutanan, dan perikanan sebanyak 37.130.676 jiwa atau 28,33% dari total keseluruhan pekerja dari setiap sektor utama (BPS, 2021). Selain itu, sektor pertanian juga merupakan sektor yang tidak terdampak pada saat terjadi pandemi Covid-19, bahkan menjadi salah satu sektor penyumbang PDB terbesar. Hal tersebut terjadi karena produk dari sektor pertanian merupakan kebutuhan primer bagi penduduk yang tentunya harus dipenuhi setiap hari, sehingga sektor pertanian masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Review Buku Panduan Pembuatan Pupuk Organik Cair  dengan Memanfaatkan Mikroorganisme Lokal

Undang-Undang No. 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan mengartikan pertanian sebagai seluruh kegiatan yang meliputi usaha hulu, usaha tani, agroindustri, pemasaran, dan jasa penunjang pengelolaan sumber daya alam hayati dalam agroekosistem yang sesuai dan berkelanjutan, dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja, dan manajemen untuk mendapatkan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat. 


Dalam pemanfaatan sumber daya alam, tentunya harus digunakan dengan sebaik-baiknya dan memperhatikan faktor yang dapat mendukung terlaksananya pertanian berkelanjutan untuk masa mendatang. Salah satu upaya yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengurangi eksploitasi tanah dalam kaitannya penggunaan pupuk kimia secara besar-besaran tanpa memperhatikan dosis yang tepat


Penggunaan pupuk merupakan salah satu program Revolusi Hijau di Indonesia pada tahun 1970-an yang telah mendukung keberhasilan swasembada pangan dengan menerapkan Panca Usaha Tani. Keberhasilan ini tentu menjadikan suatu pencapaian yang berarti bagi bangsa Indonesia di bidang pertanian. Keberhasilan pada masa itu membentuk mindset dan ketergantungan petani terhadap penggunaan pupuk dan pestisida kimia sampai hari ini.


Namun, sejalan dengan hal tersebut tentu menimbulkan degradasi tanah serta dampak bagi lingkungan, seperti berkurangnya unsur hara dan menurunnya tingkat kesuburan akibat eksploitasi bahan kimia, menurunnya tingkat produktivitas, serta pencemaran lingkungan oleh residu kimia. Saat ini hal tersebut sudah mulai dirasakan oleh petani, sehingga perlu dilakukan perbaikan kesuburan tanah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kesuburan tanah adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan organik dalam kegiatan pemupukan.

Penggunaan pupuk organik dapat menjadi salah satu alternatif untuk menghadapi kelangkaan pupuk kimia di tengah semakin meningkatnya harga pupuk. Selain itu, hal ini juga diharapkan dapat mengurangi biaya produksi karena pupuk organik dibuat dari bahan-bahan yang ada di sekitar kita, seperti yang bersumber dari daun-daunan, buah-buahan, bahkan limbah rumah tangga. Dalam hal ini diperlukan dorongan dari pemerintah dan stakeholder terkait untuk menyebarkan informasi dan keterampilan dalam pembuatan pupuk organik.

Testimoni


Buku Panduan Pembuatan Pupuk Organik Cair dengan Mamanfaatkan Mikro Organisme Lokal adalah buku yang dapat membantu para petani dengan tidak lagi bergantung terhadap pupuk pabrikan yang cukup mahal dan belum tentu bisa menghasilkan panen yang optimal. Dengan pupuk yang ditawarkan oleh Ibu Siti Yuliatun,S.P. dapat membantu para petani lebih hemat dalam pembiayaan bertani, apalagi pupuk ini berorientasi pada lingkungan artinya dapat menjaga ekosistem tanah bila dibandingkan dengan pupuk pabrikan. Semoga dengan buku petunjuk pembuatan pupuk ini para petani bisa lebih berhemat dan dapat meningkatkan hasil panen yang lebih optimal. Lanjutkan Bu Siti inovasinya, semoga para petani mencapai kebahagiaannya.”



--Drs. H. Cepi Safrul Alam, M.Si.
Widyaiswara BPSDMD Provinsi Banten




“Buku ini adalah karya penyuluh muda yang penuh potensi. Buku ini adalah salah satu buku yang paling praktis menjelaskan bagaimana membuat pupuk organik cair. Buku ini menjelaskan bagaimana membuat pupuk organik cair dengan memanfaatkan bahan baku yang murah dan ada disekitar kita. Gaya bahasanya santai dan tidak terlalu ilmiah, sehingga mudah dipahami oleh semua kalangan. Buku ini baik jadi bahan rujukan untuk para petani yang sudah lama bertani maupun para pemula.



--H.Endan Suwandana,ST.,M.Sc.,Ph.D
Widyaiswara BPSDMD Provinsi Banten
 

 

Pemesanan Buku


Bagi yang ingin memesan buku ini bisa hubungi penerbit via DM Instagram @penerbitmikromedia dan juga fast respons di nomor WhatsApp : 0813-1083-2017

Silakan isi form ordernya

Form Pembelian Buku  

Nama :

Alamat lengkap :

No. HP :

Jumlah buku yang dipesan :





Salam
Mikromediateknologi.com

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

klan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel